Terungkap, Penyebab Vizcarra Jalani Operasi Lutut

Posted by
Bagikan kiriman ini

SPORTJABAR.COM-Esteban Vizcarra telah menjalani operasi di bagian lutut kanannya pekan lalu di salah satu rumah sakit swasta di Bandung.Ternyata cedera tersebut merupakan efek tindakan dari cedera lama sekitar lima tahun lalu.

Hal itu kembali terasa pada saat berlaga kontra Persebaya di Piala Presiden 2019.Saat itu lutut Vizcarra alami pembengkakan, merasa terkunci dan nyeri.

“Setelah dilakukan operasi, didapati lima benda asing yang disebut loose bodies pada lutut Vizcarra,”ujar dokter tim Persib, Rafi Ghani kepada media,Rabu (4/3/2019).

Menurut Rafi,loose bodies adalah potongan kecil tulang yang mengapung di sekitar sendi lutut yang dapat menyebabkan rasa sakit, membengkak dan mengunci.

Dari rekam medisnya diketahui lima tahun lalu Vizcarra pernah menjalani Artroskopi,yaitu pembedahan dengan membuat lubang sayatan sebesar lubang kunci untuk memasukkan artroskop.

Prosedur ini bertujuan untuk melihat, mendiagnosis, dan menangani sejumlah gangguan sendi.

“Kemungkinan pasca artroskopi tersebut ada bagian tulang yang lepas di bagian cedera lama.Tapi selama lima tahun tidak ada keluhan, kebetulan saat di kita ada keluhan,” ungkap Rafi.

Ia mengaku dari hasil tes medis sebelum teken kontrak, memang diketahui Vizcarra memiliki riwayat cedera di lutut dan pernah menjalani prosedur artroskopi. Namun, tidak diketahui adanya benda asing yang disebut loose bodies tersebut ada pada lututnya.

“Sebenarnya loose bodies tidak mengganggu kalau tidak di persendian. Jadi saat jalani tes medis kondisinya bagus.Tapi saat loose bodies bergeser di bagian engsel, baru bermasalah,” jelasnya.

Rafi menyebut cedera yang dialami Vizcarra bukan termasuk cedera parah. Ia berharap setelah loose bodies diangkat tidak ada gangguan terhadap gerakan lutut pemain naturalisasi ini.(RESTU)

Leave a Reply