Timnas U-16 Tutup Rangkaian Pemusatan Latihan Tahap Pertama

Posted by
Bagikan kiriman ini

SPORTSJABAR.COM-Tim Nasional Indonesia U-16 menutup rangkaian pemusatan tahap pertama dengan menggelar uji coba melawan tim Bina Taruna U-18 yang berakhir imbang tanpa gol di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/7/2020).

Ini adalah laga kedua Garuda Muda, setelah pada laga uji coba pertama, menang telak atas tim Asosiasi Kabupaten Bekasi U-18 dengan skor 5-0.

Kedua tim bermain bagus, anak-anak tim asuhan pelatih kepala Bima Sakti, mendapat pelajaran maha penting dalam laga kali ini. Lawan bertahan dengan baik dan terkadang cukup merepotkan barisan pertahanan yang digalang oleh Marcel Januar Putra, dan kawan-kawan, saat melakukan serangan.

“Hasil ini bagus untuk pemain, mereka dapat pelajaran juga di laga ini. Memang sebelumnya kami sudah menyampaikan ke lawan, supaya bisa menyiapkan timnya dengan baik, bawakan pemain-pemain yang usianya diatas pemain kami. Terbukti, lawan bisa memberikan banyak tekanan kepada kami,” buka Bima usai laga.

Ia menambahkan yang pasti kualitas Bina Taruna U-18 lebih bagus dibandingkan lawan sebelumnya. Namun, di pertandingan ini diakuinya pemain asuhannya agak sedikit mengalami penurunan.

Pada laga ini juga, Bima mengaku mencoba beberapa pemain yang di pertandingan sebelumnya tidak bermain. Tujuannya, agar semua pemain bisa merasakan atmosfir pertandingan.

” Saya rasa, mereka semua mengalami perkembangan yang cukup baik sejauh ini.Harapan saya, semoga di pemusatan latihan selanjutnya, kami bisa lebih optimal dan meningkatkan intensitas latihan yang lebih tinggi lagi,” ungkap Bima.

Sementara itu, menurut salah satu gelandang Timnas U-16, Muhammad Valeron, laga kali ini dirasa kurang. “Alhamdulillah apapun hasilnya, saya bersyukur, meskipun kurang memuaskan, tapi Insya Allah di TC berikutnya saya dan teman-teman akan berlatih dan tampil di pertandingan lebih baik lagi dari yang sekarang,” tuturnya.

Ia juga berharap, pandemi Covid-19 ini segera tuntas. Meskipun begitu, tidak masalah, karena Valeron dan kawan-kawan tertib, patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan yang sudah diterapkan oleh dokter tim.

Menurut rencana, pemusatan latihan Timnas U-16 akan kembali dilakukan bulan depan.Tepatnya mulai 9 Agustus 2020.

Timnas U-16 dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFC U-16 pada 25 November hingga 12 Desember 2020. Alexandro Felix Kamuru dan kawan-kawan berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Cina.

Empat tim semifinalis final Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut.(*/pssi.org)

Leave a Reply